Rabu, 30 November 2011

ARTIKEL KEAMANAN KOMPUTER

KEAMANAN KOMPUTER 

Keamanan komputer merupakan suatu hal yang sangat diperhatikan oleh setiap orang. Termasuk saya dan mungkin juga anda. Saya sendiri membangun sebuah sistem keamanan komputer dari yang paling dasar.

1. Pemisahan data dengan Operating System (OS)

Pemisahan data dilakukan dengan menyimpan data di drive atau partisi yang berbeda dengan drive atau partisi OS. Jika komputer anda memiliki lebih dari satu Hard Disk (HDD), maka sebaiknya data ditempatkan di HDD yang berbeda dengan OS. Dan jika hanya terdapat satu HDD, maka sebaiknya HDD tersebut dipartisi menjadi dua atau lebih, dan simpan data anda di partisi yang terpisah dengan OS.
Saya sendiri membagi HDD menjadi 3 (tiga) partisi. Partisi pertama untuk OS (Windows XP). Partisi kedua untuk data. Dan partisi ketiga untuk master software dan file2 hiburan misalkan lagu.

2. Install Anti Virus

Virus merupakan ancaman yang paling utama bagi komputer. Virus dapat berasal dari mana saja, bisa dari disket, flash disk, LAN dan internet. Karena virus dapat berasal dari mana saja maka sebaiknya anti virus diinstall pertama kali setelah install OS. Dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih anti virus adalah:
  • Pilih anti virus yang memiliki kemampuan "real time protection" atau "live guard". Dengan kemampuan ini virus akan terdeteksi sejak pertama virus mencoba menginfeksi komputer kita.
  • Pilih anti virus yang selalu terupdate tiap hari. Hal ini disebabkan oleh perkembangan virus yang sangat cepat, sehingga update anti virus diperlukan secara berkala.
  • Kemampuan anti virus untuk melakukan scan e-mail merupakan hal yang perlu dipertimbangkan, terutama bagi anda penggunaka e-mail client semacam outlook atau eudora. Karena virus dapat masuk melalui e-mail, maka dengan kemampuan ini, e-mail akan terlebih dahulu discan sebelum disimpan di komputer kita.
  • Kemampuan membersihkan virus tanpa merusak data adalah suatu nilai tambah. Karena kita ingin membersihkan virus tanpa merusak data, maka kemampuan ini diperlukan. Walaupun memang benar bahwa lebih baik kehilangan satu file dari pada seluruh file, namun tentunya lebih baik tidak kehilngan file kan...?
  • Kemampuan scan komputer di network juga perlu dipertimbangkan. Karena dengan kemampuan ini kita dapat membersihkan komputer lain yang terkena virus.
  • Dan untuk keperluan emergency maka anda perlu memiliki Anti Virus Emergency Disk atau yang semacamnya.
Beberapa anti virus yang disarankan adalah Avira Antivir, AVG dan Avast. Karena ketiga anti virus tersebut memiliki kemampuan real time protection, auto update dan GRATIS!!!

3. Install Anti Spyware

Selain virus, ancaman bagi komputer kita datang dari spyware. Walaupun batas antara virus dan spyware tidak jelas, namun banyak dari spyware yang tidak dikenali sebagai virus. Karenanya anti spyware juga dibutuhkan. Pertimbangan pemilihan anti spyware sama dengan anti virus yakni yang terpenting adalah real time protection dan auto updater. Kemampuan scan e-mail, scan network computer dan clean file tanpa merusak data adalah suatu nilai tambah. Untuk versi GRATIS anda bisa menggunakanComodo BOClean.

4. Install Firewall

Firewall diperlukan untuk membatasi akses ke komputer anda. Karena virus dapat berasal dari mana saja termasuk dari jaringan, maka firewall diperlukan. Firewall merupakan pertahanan pertama dengan membatasi akses ke komputer anda. Firewall juga akan menanyakan aplikasi apa saja yang boleh mengakses internet. Karena bisa jadi virus berasal dari (free) software yang telah terpasang yang mendownload virus dari internet. Untuk OS Windows, memang telah memiliki firewall bawaan (Windows Firewall) namun untuk firewall yang lebih fleksible dan kemampuan lebih, anda dapat meng-install firewall lain. Beberapa firewall GRATIS yang dapat dipertimbangkan adalah Comodo firewall dan ZoneAlarm.

5. Buat Double User untuk OS

Langkah terakhir yang diperlukan adalah membuat lebih dari satu user account OS anda. User 1 jadikan sebagai administrator yang memiliki akses penuh ke komputer anda termasuk install dan uninstall software. Sedangkan user lainnya jadikan sebagai user biasa yang memiliki akses terbatas. Untuk user ini jangan diberikan akses install dan uninstall, dan jadikan usr ini sebagai user harian anda.
Setelah kelima langkah diatas sudah anda lakukan, amankah komputer anda? Sayangnya tidak ada satupun di dunia ini yang benar-benar aman. Namun setidaknya anda memiliki pertahanan yang lebih kuat untuk meminimumkan serangan terhadap komputer anda. Dan jangan lupa untuk secara berkala scan komputer anda secara manual (misalkan seminggu sekali).

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com